Tugas Soft Skill 1 (Manajemen Proyek dan Resiko)

1. Jelaskan konsep manajemen proyek!

2. Jelaskan karakteristik khusus yang membedakan proyek dari kegiatan rutin lainnya!

3. Apa yang membedakan proyek teknologi informasi dengan proyek lain pada umumnya?

4. Berikan 1 contoh nyata dari jenis proyek teknologi informasi yang dilaksanakan oleh pemerintah atau organisasi bisnis! Deskripsikan dengan jelas contoh tersebut!

5. Tulis dalam wartawarga komentar anda tentang proyek yang anda gunakan sebagai contoh no.4 di atas!

Jawaban:

1. a. Manajemen klasik atau manajemen fungsional (General Management)

b. Pemikiran sistem

c. Pendekatan contigency

Penjelasan:

a. Manajemen klasik

Manajemen klasik menjelaskan tugas-tugas manajemen berdasarkan fungsinya, yaitu merencanakan, mengorganisir, memimpin, dan mengendalikan.

Kriteria yang harus dipenuhi:

  • Jasa TI
  • Dokumentasi
  • Prakualifikasi
  • RKS
  • Pemeriksaan dokumen

b. Pemikiran sistem

Adalah pemikiran yang memandangsegala sesuatu dari wawasan totalitas.

Wawasan totalitas: Pengetahuan kita dari dasar hingga yang atas, suatu kegiatan proyek berdasarkan hasil dan pengalaman.

Metodelogi yang erat berhubungan dengan penyelenggaraan proyek adalah:

1. Sistem analisis

2. Sistem engineering

3. Sistem manajemen

c. Pendekatan contigency

Pendekatan yang erat hubungannya dengan situasi dan kondisi yang berarti bahwa tidak ada satupun pendekatan manajemen terbaik yang dapat dipakai untuk mengelola setiap macam kegiatan.

2. – Temporer

– Target

– Unique

– Termination

– Complex (Interdependece)

– Conflict

3. Perbedaan antara proyek teknologi informasi dengan proyek lain diantarnya:

  1. Memiliki obyektif untuk menghasilkan produk-produk yang kerap bersifat intangible (kasat mata), semacam perangkat lunak (software), algoritma, berkas (file), dan lain-lain.
  2. Melibatkan berbagai teknologi yang sangat cepat using, karena perkembangannya yang sedemikian cepat, semacam computer, modem, CAD/CAM, dan lain-lain.
  3. Membutuhkan beragam sumber daya manusia dengan spectrum kompetensi dan keahlian yang bervariasi (mulai daru yang umum, sampai yang ke khusus), seperti data entry, system administrator, programmer, system analys, database specialist, network expert, content manager, dan lain-lain.
  4. Memakai berbagai fasilitas dan perlengkapan atau bahan mentah (raw materials) yang telah dapat di digitasi semacam teks, gambar, audio, dan video.
  5. Menggantungkan diri pada standart-standart kualitas yang belum baku karena sulitnya mengukur segi-segi kualitas yang dapat di mengerti dan di pahami bersama antara berbagai pihak yang berkepentingan dalam proyek.
  6. Mendasarkan proses pada rencana atau kontak kerja yang sangat sulit di kembangkan, sehingga tidak terjadi keraguan dalam menentukan telah selesainya sebuah proyek atau tidak.

4. E-Government yang “juga disebut e-gov, digital government, online government atau dalam konteks tertentu transformational government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.” (Ref: Wikipedia)

Salah satu pengembangan yang sedang dilaksanakan adalah jaringan JarDikNas.

Walapun keuntungan JarDikNas untuk dunia pendidikan belum begitu jelas, kesempatannya jaringan sebesar ini untuk mulai membuka fasilitas untuk e-Government adalah besar asal ada niat dan dedikasi dari pemerintah.

Contoh proyek teknologi informasi yang di laksanakan oleh pemerintah di anataranya:

#e-goverment>>Upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis (menggunakan) elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien.
—-
#e-ktp>>e-KTP didesain dengan metode autentikasi dan pengamanan data tinggi. Hal ini dapat dicapai dengan menanamkan chip di dalam kartu yang memiliki kemampuan autentikasi, enkripsi dan tanda tangan digital.

Autentikasi dua arah dilakukan antara kartu elektronik dan perangkat pembacanya agar kartu dan pembaca dapat dipastikan sah. Sementara enkripsi digunakan untuk melindungi data yang tersimpan di dalam kartu elektronik dan tanda tangan digital untuk menjaga integritas data. Di samping itu, e-KTP dilindungi dengan keamanan pencetakan seperti relief text, microtext, filter image, invisible ink dan warna yang berpendar di bawah sinar ultra violet serta anti copy design.

5. pendapat e-gov>>

Konsep e-government Sangat menguntungkan KARENA akan mempermudah proses pelayanan pemerintah ke Masyarakat. Selain ITU Juga akan memenuhi tuntutan Masyarakat akan kebutuhan Informasi mengenai kegiatan pemerintahan. Namun disisi lain saya ragu terhadap PENERAPAN Konsep e-government ini, karena dikhawatirkan pemerintah hanya mengganggap Konsep e-government Hanya semata-mata otomatisasi sistem, tapi tetap tidak mengubah cara kerja jangka pendek sehingga esensi Dari Komposisi PENERAPAN Konsep e-government tidak tercapai. Dengan demikian investasi yang ditanamkan untuk menerapkan e-government akn menjadi sia-sia

pendapat e-ktp>>

sangat baik,karena nantinya dengan adanya e-ktp semua data seperti npwp, sidik jari, dan indentitas penting lainnya di jadiin satu sehingga tidak perlu membawa berkas-berkas secara terpisah jika kita ingin mengurus sesuatu.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s