PANTAI JAYANTI, CIANJUR

Pantai Jayanti merupakan pantai andalan di Kota Cianjur, Jawa Barat. Pantai yang menarik dan indah ini berdampingan dengan Cagar Alam Bojongkarang dan pelabuhan nelayan. Pantai ini sangat cocok untuk Anda kunjungi karena masih alami dan memiliki ombak yang indah serta angin yang bertiup perlahan-lahan yang dapat menambah kenyamananAnda untuk berekreasi. Pantai ini terletak di Kecamatan Cidaun, Cianjur Selatan.

Permukiman penduduk di Pantai Jayanti belum terlalu banyak. Itulah yang membuat pantai ini masih terbebas dari polusi udara. Memang terkadang Anda menghirup bau anyir. Itu tidaklah mengherankan karena disana terdapat tempat pelelangan ikan hasil tangkapan nelayan setempat. Banyak wisatawan yang membeli ikan untuk dibawa pulang karena harganya lebih murah jika dibandingkan dengan membeli ikan di pasar. Tetapi, jika Anda ingin merasakan gurihnya ikan bakar, Anda dapat menikmatinya di warung-warung yang berada di sekitar areal pantai.

Di pantai Anda juga dapat berenang atau bermain dengan hamparan pasir putih di sepanjang pantai, dan apabila Anda ingin melihat-lihat pemandangan sekitar pantai, Anda bisa menyewa kapal.

Setelah puas menikmati keindahan pantai, Anda bias menginap di pantai ini. Di sana tersedia berbagai tempat penginapan dengan tarif rata-rata sekitar Rp75 ribu per malam.

Untuk sampai ke lokasi ini, Anda dapat menempuh perjalanan dari Kota Cianjur dan Bandung melalui dua ruas jalan, yakni ruas jalan Kota Cianjur-Sindangbarang-Cidaun dan dari ruas Bandung-Ciwidey-Naringgul-Cidaun. Jika Anda ingin menggunakan ruas jalan Bandung-Naringgul-Cidaun, sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi karena angkutan umum dari Bandung hanya sampai di Balagede, kecuali anda mencarter angkutan umum untuk sampai ke Pantai Jayanti.

Wisatawan yang dating ke Jayanti umumnya menempuh perjalanan dari Kota Cianjur. Di ‘Kota Tauco’ ini, tepatnya di Terminal Pasirhayam cukup tersedia angkutan umum berupa bus yang langsung ke Cidaun. Dari lokasi itu, Anda dapat menggunakan ojek sekitar 4 km.

Sumber: Media Indonesia, tanggal 11 Mei 2009

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s