Latihan Membuat Web dengan Joomla

Untuk Kalian- kalian yang ingin tahu lebih lanjut tentang joomla bisa mendownload e-book gratis dibawah ini :

Daftar e- book joomla ——– Penjelasan

1 . e- book 1 = bagaimana cara membuat situs
2. e- book 2 = Mengenal komponen dan elemen joomla
3. e- book 3 = Perkenalan dengan joomla
4. e- book 4 = Mengganti Templates joomla
5. e- book 5 = Otak -atik joomla 1.5

Website untuk saat ini bukan hal yang asing lagi, karena di zaman yang modern ini semuanya disajikan secara instan.  Saya termasuk orang yang baru saja mengenal dunia maya. Apakah anda berfikir bahwa membuat suatu web itu sangatlah sulit? Untuk sekarang ini tinggalkan pemikiran yang seperti itu karena anda bisa membuat sebuah web dengan begitu mudahnya dengan mengunakan Jooml.

Penasaran??? mari kita lakukan secara perlahan-lahan. Ikutilah langkah berikut ini:

  1. Untuk sekarang ini niatkan bahwa anda bisa membuat suatu web. Dan disini anda dituntut untuk Profesionalisme, jika anda berhasil bagilah ilmu anda itu dengan yang lain.
  2. Anda membutuhkan Joomla.. dengan cara mendownload terlebih dahulu.. Untuk mendapatkannya silahkan Download disini!!! Simpan dalam directory yang mudah anda ingat. Misal dalam my document.
  3. Setelah itu anda dituntut untuk mempunyai sebuah server atau localhost sendiri, disini saya menggunakan XAMPP versi 1.6.2. Tidak usah khawatir bagi yang belum memilikinya bisa Download disini!!!!
  4. Bagi anda yang sudah men-download XAMPP. Lakukanlah peng-install-an, ikuti saja perintahnya. Degan cara tidak merubah apapun dalam peng-install-an dengan kata lain Next saja.
  5. Setelah melakukan penginstalan, saat ini anda telah mempunyai sebuah server sendiri dan MySQL.
  6. Server sudah ada, Kemudian Extract File Joomla didalam folder htdocs. Biasanya di dalam folder XAMPP berada di directory C (localdisk c). cari folder XAMPP lalu cari lagi folder htdocs buat sebuah folder didalam folder htdocs beri nama lat kemudian Extract file joomla didalam sana jika ada perint dalam melakukan pengekstractkan pilih saja yes to all. Jika anda belum mempunyai winrar untuk mengextract Download disini!!!

Folder XAMPP

clip_image002

Folder htdocs

clip_image003

7. Setelah anda mengextract kemudian aktifkan server anda dengan mengklik XAMPP yang ada di desktop anda. Kemudian klik tombol Start yang ada pada apache dan MySQL. Jika ada peringatan dari windows kita pilih unblok saja.

8. Kemudian setelah anda mengaktifkan server dan mengextract Joomla lalu anda buka browser internet anda disarankan membuka browser Mozilla Firefox karena kestabilannya dalam meng-load file website. Tenang tidak membutuhkan koneksi internet hanya memanfaatkan kelebihan browser.

9. Setelah anda membuka browser ketikkanlah http://localhost/lat pada address bar browser anda. Jika anda berhasil anda menemukan tampilan sebagai berikut.

04

10. Pilih Next pada halaman choose language, kemudian pilih next kembali pada halaman Pre-installation Check, untuk langkah yang berikutnya pilih next kembali pada halaman License.

11. Kemudian pada Database Configuration kita isikan Host Name dengan nama localhost lalu username dengan kata root kosongkan password pada kolom password. Setelah itu kita isi Database Name dengan kata Latihan. Setelah kita mengisi Form tersebut pilih next.

12. Pada halaman FTP Configuration kita pilih next saja.

13. Pada halaman Main Configuration beri nama pada site name (bebas). Your e-mail yaitu email anda, admin password dan confirm admin password di isi dengan kata sesuai dengan keinginan anda dengan catatan anda harus menghafalkannya. Untuk kali ini saya mengunakan password demo. Setelah kita mengisi semua form lalu pilih next.

05

14. Finish, kita telah melakukan penginstallan Joomla. Pada halaman ini kita harus menghapus folder INSTALLATION. Untuk dapat menghapusnya kita buka folder XAMPP lalu pilih Folder htdocs kemudian pilih folder lat setelah itu kita hapus folder installation.

15. Setelah kita menghapus folder installation kemudian anda buka browser anda lalu pilih admin. Lalu isilah form tersebut dengan username admin kemudian Password dengan kata yang anda ketikkan pada admin password. Lalu pilih login. Untuk melihat web anda ketikkan lah pada browser anda http://localhost/lat itulah tampilan dari web anda. Untuk merubah konfigurasi dan mengisi apa saja yang ingin kita publikasikan ketikkanlah pada browser anda
http://localhost/lat/administrator

16.Setiap kali anda ingin mengisi content dan yang lain- lain jangan lupa untuk mengaktifkan server terlebih dahulu dengan cara yang sudah disebutkan diatas.

17. Selamat mencoba lakukan lah konfigurasi yang anda inginkan, jika anda ingin web anda di kenal kalangan luas Hosting lah web anda.

Mudah sekali bukan untuk membuat sebuah website???

Selamat mencoba dan semoga berhasil!!!!!

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s